Rabu, 25 Januari 2012

Baku tembak antara tentara Pakistan dan kelompok Taliban

Baku tembak antara tentara Pakistan dan kelompok Taliban menghasilkan total 23 korban tewas di kedua pihak. Tentara Pakistan kehilangan 6 anggotanya. Sementara, di kubu Taliban, 17 anggotanya tewas. Menurut warta AP dan AFP pada Rabu (25/1/2012), insiden itu terjadi di dekat perbatasan Pakistan dan Afganistan. Kala itu, 50 orang kelompok Taliban menyerang militer Pakistan yang tengah melakukan operasi pencarian di Desa Jogi, distrik suku Kurram pada Selasa malam.

Enam tentara tewas dan empat cedera dalam bentokan senjata itu. Pasukan membalas serangan itu dan menewaskan 17 gerilyawan," kata Sher Bahadar Khan, juru bicara pemerintah lokal di Kurram. Lawan kami adalah Taliban Pakistan," katanya. Seorang pejabat senior Korps Perbatasan Paramiliter Pakistan dalam konfirmasinya mengatakan perihal serangan itu dan jumlah korban. Ia menambahkan pasukan militer telah menguasai daerah itu.

Konfirmasi independen mengenai jumlah korban tewas itu tidak mungkin segera diperoleh karena daerah suku yang kacau itu terlarang bagi wartawan. Pada Juli tahun lalu Pakistan melancarkan serangan di distrik Kurram untuk mengusir mereka dari daerah itu.

Kendatipun memerangi kelompok Taliban Pakistan di banyak daerah itu, militer Pakistan sejauh ini bertahan terhadap tekanan kuat Amerika untuk menyerang jaringan Haqqani yang punya hubungan dengan Al Qaeda di daerah suku Waziristan Utara di perbatasan Afganistan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar